Definisi humas
Definisi humas itu menurut kamus terbitan Institute of Public Relations (IPR) (2000: 1), yakni sebuah lembaga humas terkemuka di Inggris dan Eropa
terbitan bulan November 1987, “Humas adalah keseluruhan upaya yang
dilangsungkan secara terencana dan berkesinambungan dalam rangka
menciptakan dan memelihara niat baik dan saling pengertian antara suatu organisasi dengan segenap khalayaknya”. Jadi, humas itu adalah suatu rangkaian kegiatan yang diorganisasi sedemikian rupa sebagai suatu rangkaian kampanye atau program terpadu dan semuanya itu berlangsung secara berkesinambungan dan teratur.
Kegiatan humas sama sekali tidak bisa dilakukan secara sembarangan atau dadakan. Tujuan humas ittu sendiri adalah untuk memastikan bahwa niat baik dan kiprah organisasi yang bersangkutan senantiasa dimengerti oleh pihak-pihak lain yang berkepentingan yang biasa disebut khalayak atau publiknya. Peran humas dalam sebuah event sangatlah penting dalam pengambilan keputusan sebuah manajemen. Menurut F. Rachmadi (2008:89), secara struktural humas merupakan bagian integral dari suatu lembaga/perusahaan, dimana itu adalah salah satu fungsi dari manajemen modern. Seorang public relations (humas) menyelenggarakan komunikasi timbal balik antara organisasi dan lembaga untuk menciptakan saling pengertian (public understanding) dan juga dukungan publik (public support) bagi terciptanya sebuah tujuan dan langkah sebuah lembaga. Semua itu ditunjukan untuk mengembangkan pengertian dan goodwill dari publiknya serta untuk memperoleh opini publik yang menguntungkan dan dan adanya hubungan yang harmonis dengan publiknya (Ardianto dan Soemirat, 2008:89). Pada proses manajemennya itu sendiri mengacu pada fungsi manajemen Geroge R Tery, yaitu planing, organizing, actuating, controling.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar