Rabu, 02 Oktober 2019

5 Karakteristik Event




Event memiliki beberapa karakteristik karena setiap penyelenggaraan event harus memiliki ciri tersendiri. Karakteristik event menurut Any Noor (2013: 14), ada lima yaitu keunikan, perishability, intangibility, suasana, pelayanan dan interaksi personal.

1. Keunikan
Kunci suksesnya sebuah event adalah pengembangan ide. Setiap event harus memiliki sesuatu yang berbeda dengan event lain.Event yang pernah diselenggarakan pastinya masih dapat diulangi pada kesempatan lain, misalnya event yang biasa diselenggarakan secara reguler. Tetapi, keunikan harus tetap muncul pada setiap penyelenggaraan event meskipun memiliki tema yang sama. Misalnya, tatacara penyelenggaraan ”Kirab Budaya dalam Rangka Hari Jadi Kabupaten Demak” setiap tahunnya.Keunikan dapat berasal dari tema yang diambil, penampilan kreatif dari peserta yang ikut serta dalam event, lingkungan sekitar, pengunjung event serta beberapa hal lainnya sehingga membuat event menjadi unik dan berbeda dari event tahun sebelumnya.

2. Perishability / Mudah Rusak
Setiap event yang diselenggarakan tidak akan pernah sama. Dua event yang sama diselenggarakan pada waktu dan tempat yang sama pastinya tidak akan menghasilkan event yang sama pula. Perishability berhubugan dengan penggunaan fasilitas untuk penyelenggaraan event.

3. Intangibility / Tidak dapat dipahami
Setelah menghadiri event, yang tertinggal di benak pengunjung adalah pengalaman yang mereka dapatkan dari penyelenggaraan event. Hal ini merupakan tantangan untuk merubah bentuk pelayanan intangibility menjadi sesuatu yang berwujud, sehingga sekecil apapun wujud yang digunakan dalam event mampu mengubah persepsi pengunjung.

4. Suasana dan Pelayanan

Event yang dilangsungkan di saat suasana yang tepat akan menghasilkan sukses besar, tetapi sebaliknya kegagalan event dihasilkan karena suasana yang tidak tepat.

5. Interaksi personal

Interaksi personal dari pengunjung merupakan kunci sukses penyeleggaraan event



EVENT PRODUCTIONS SURABAYA

Buruan order untuk bikin event atau Produksi Event terlengkap di Surabaya :
WhatsApp  : Klik disini
ORDER Sekarang juga, GRATIS KONSULTASI!! 
Terima Kasih , Sukses & sehat Selalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar